Home Curhat • 10 Cara Alami Memperbanyak ASI

10 Cara Alami Memperbanyak ASI

 - 

Cara alami memperbanyak ASI merupakan hal yang sangat diperhatikan bagi ibu – ibu yang menyusui. ASI yang di produksi terlalu sedikit tersebutlah yang mengganggu suasana hati serta pikiran dari si ibu bayi tersebut. karena hal inilah yang menjadikan seorang ibu menyusui untuk dapat mencari tahu bagaimana caranya memperlancar serta memperbanyak ASI ekslusif tersebut untuk para bayi yang ingin diberikan untuk si buah hati. Masalah dalam kurangnya memproduksi ASI seringa sangat banyak terjadi pada tahap – tahap awal persalinan.

Padahal disaat itu pula lah si bayi baru saja terputus asupan makananya dari sebelumnya yang dapat disuplai penuh oleh plasenta selama dalam kandungan dari ibunya tersebut. tentunya hal ini sangat mengganggu dengan si bayi sedang banyak – banyaknya membutuhkan ASI eksklusif karena hanya disaat itu pula si bayi memerlukan makanan yang paling baik disaat ia baru dilahirkan ke dunia ini.

Mengapa bayi sangat membutuhkan ASI ekslusif? Karena ASI tersebut memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin dari ibu bayi tersebut yang sangat khusus diformulasikan untuk bayi tersebut. Banyak hal yang harus diketahui oleh ibu – ibu yang menyusui tersebut, dengan penggunaan cara pemberian ASI yang benar dan tepat pun dapat memberikan ASI tersebut tidak lancar hingga menjadi tersumbat.

Oleh karena itu, bagi ibu- ibu awal yang baru menyusui, haruslah mengetahui cara memberikan ASI yang benar dan tepat untuk dapat meningkatkan produktivitas dari ASI tersebut. ada pun 10 cara yang alami untuk dapat memperbanyak ASI tersebut secara benar dan baik.

10 Cara Alami Memperbanyak ASI
Berikut ini adalah 10 cara alami memperbanyak asi yang pasti anda butuhkan, Mungkin tidak semua ibu – ibu menyusui kesusahan dalam mencari cara memperbanyak ASI, tetapi bagi Anda yang tidak mengetahui atau sangat tidak mengerti pastinya sangat butuh rekomendasi dan saran yang tepat untuk dapat memperbanyak asi tersebut secara alami dan benar berbagai upaya yang telah Anda lakukan untuk dapat meningkatkan hasil produksi dari ASI tersebut yang mungkin saja sampai tahapan terakhir tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Ada pun beberapa caranya yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini sebagai berikut:

1. Teruslah menyusui.
cara yang sangat ampuh yang pertama yaitu untuk dapat meningkatkan produksi ASI adalah untuk selalu menyusui si bayi tersebut. hal tersebut dilakukan agar ketika si bayi Anda terus berusaha untuk menyusui, maka saat itulah stimulus atau rangsangan yang diberikan pada payudara Anda akan terus meningkat. Maka secara otomatis tubuh si ibu tersebut secara alami akan memberikan sebuah respon yang baik berupa meningkatkan produktivitas ASI yang sesuai dengan stimulus yang diterima si bayi tersebut dan ibunya.

2. Skin to skin nurse.
Lakukan dan biasakanlah disaat Anda menyusui melakukan hal seperti skin to skin nurse terhadap bayi Anda tersebut, dengan kata lain sebaiknya usahakan untuk kulit Anda dan bayi Anda tersentuh secara langsung tanpa adanya sehelai kain apa pun yang dapat menghalangi kulit Anda dan bayi Anda. Ketika Anda telah pada posisi melepas pakaian atau pun bra Anda dan si bayi hanya menggunakan popok, maka pakailah selimut untuk dapat menutupi Anda berdua dengan bayi tersebut serta lakukanlah secara rutin cara yang skin to skin nurse ini sesering mungkin. Hal yang Anda lakukan ini bukan hanya dapat meningkatkan produksi dari ASI tetapi juga dapat menumbuhkan rasa ikatan emosional yang semakin dekat yang sangat luar biasa antara ibu dan bayi Anda tersebut.

3. Jangan hentikan menyusui disaat belum selesai.
Janganlah pernah sesekali coba menghentikan si bayi untuk menyusui karena hal tersebut secara tidak langsung dapat menurunkan daya produktivitas ASI di dalam tubuh Anda tersebut. berikanlah saja ASI sebanyak yang ia butuhkan tanpa Anda batasi. Tapi jangan lupa berikan ASI dengan secara bergantian antara payudara kanan dan payudara yang kiri.

4.Jangan gunakan alat bantu menyusui.
Biasakan jangan menggunakan dot, botol dan makanan selama usia si bayi 6 bulan pertamanya, ASI tersebutlah yang merupakan satu – satunya sumber makanan yang paling utama untuk si bayi tersebut. jika Anda menggunakan dot mau pun botol, si bayi pasti akan mulai terbiasa dengan alat bantu menyusui yang ia gunakan tersebut.

5. Cukuplah istirahat dan hindari stres
Bagi ibu – ibu yang baru saja melahirkan pasti sangatlah susah untuk istirahat yang cukup akibat dari si bayi yang sangat sering untuk bergadang yang terjadi karena siklus tidur si bayi belum teratur. Meskipun sulit untuk dihindari, tetapi hal ini sangatlah membantu dan cara yang paling baik untuk dapat memperbanyak ASI tersebut. Jangan lupa meminta bantuan dengan pasangan dan keluarga untuk bergantian menjaga bayi Anda di saat Anda harus beristirahat dengan tenang.

6. Pilihlah makanan yang baik.
Ibu – ibu yang menyusui sangat membutuhkan kalori mencapai 500 dalam seharinya serta jangan lupa memperhatikan makanan yang harus Anda konsumsi tersebut. daun katuk, sayur – sayuran, buah – buahan dan lain – lainnya sangatlah baik untuk dapat menambah produksi ASI tersebut.

7. Gunakan suplemen penambah ASI
Pilihlah suplemen yang sangat baik dan cocok untuk Anda serta jangan lupa perhatikan apa saja kandungan yang terdapat di dalam suplemen tersebut dan lihat efek samping yang diberikannya. Tetapi sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter atau bidan untu hal mengkonsumsi suplemen penambah ASI tersebut.

8. Memompa ASI.
Sebaiknya pompa payudara Anda sekitar 10 menit setiap masing – masing payudara tersebut. dan jika bisa, lakukan mepompa payudara tersebut pada pukul 2 sampai pukul 5 pagi yang dipercaya merupakan salah satu periode yang baik untuk memompa dengan produksi ASI pada pukul tersebut cenderung lebih tinggi.

9. Pastikan bayi menyusui secara tepat.
Jangan lupa perhatikan bagaimana cara si bayi tersebut menyusui, sudah benar atau tidak. Sebaiknya jangan sampai mulut bayi hanya meliputi ujung putingnya saja tetapi harus meliputi hingga pada pangkal payudara tersebut.

10. Keadaan yang tentram.
Jangan sampai keributan yang terjadi disaat Anda menyusui menjadi suatu hal yang dapat mengganggu proses menyusui tersebut. Buatlah suasana yang tentram dan tenang disaat Anda menyusui bayi Anda yang secara tidak langsung ia akan merasakan rileks.

Menyusui Yang Seharusnya
Hindari dengan hal – hal yang dapat mengganggu proses menyusui tersebut. seperti hal nya merokok, menggunakan pil KB, mengkonsumsi makanan yang tidak cocok. Karena hal tersebutlah yang dapat menyebabkan ASI tersebut menjadi buntu atau pun tidak lancar.

Tetapi walaupun Anda telah menghindari hal – hal tersebut, perhatikan pula apa sudah benarkan si bayi melakukan proses menyusui dengan benar ? Perhatikan secara detail disaat keadaan seperti ini, karena di keadaan seperti inilah bayi Anda sangat – sangat membutuhkan Anda. Maka dari itu perhatikan secara rinci mengenai cara alami memperbanyak ASI agar ASI Anda tersebut tidak sumbat atau sedikit.

In Curhat

Author:eidecards