Semangat Kemerdekaan Dengan nuansa Ramadhan

 - 

Kita baru saja memperingati hari kemerdekaan. Dilihat dari segi umur bangsa kita bukan lagi seperti anak kemarin sore, yang masih bingung menentukan arah jati dirinya.

Seharusnya kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia berfikir jernih dan mengutamakan jiwa spiritual agama dalam meneruskan pembangunan yang telah diamanatkan oleh pejuang-pejuang kemerdekaan yang telah lalu.

Seperti tahun-tahun yang telah lalu, berbagai acara perlombaan yang diadakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia selalu meriah. Hal semacam itu sangat menggembirakan ditengah kondisi masyarakat kita dewasa ini sedang mengalami krisis rasa persatuan dan kesatuan, krisis mengembalikan jati diri bangsa, krisis solidaritas sosial. Ditambah lagi bangsa kita sedang mengalami keterpurukan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Politik. Fenomena ini sangat mencolok dengan seringnya terjadi perselisihan dan pertikaian di berbagai daerah di indonesia. Masalah terorisme tidak kunjung berakhir, serta masalah klaim negara lain atas budaya kita menambah daftar panjang keterpurukan negeri ini.

HAKEKAT KEMERDEKAAN

Trus apa gunanya kita setiap tahun memperingati hari kemerdekaan?. Masihkah kita teringat perasaan ketika bangsa Indonesia berjuang mencapai kemerdekaannya. Upacara Bendera 17 Agustus, berkumandangnya lagu Indonesia Raya, detik-detik Proklamasi, mengobarkan salam merdeka, jiwa nasionalisme, acara renungan jasa para pahlawan, kegiatan tabur bunga di makam pahlawan, berkobarnya semangat persatuan dan kesatuan, perlombaan panjat pinang, lomba makan kerupuk, serta berbagai kegiatan mengisi hari kemerdekaan. Teringatkah kita akan persaudaraan sejati yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan ketika bangsa Indonesia mengusir penjajah yang telah menghabisi kekayaan Indonesia.

Kemerdekaan suatu bangsa mempunyai makna yang berarti sebuah negara tidak hanya proses pengambilalihan pemerintahan dari golongan penjajah kepada satu golongan pemerintah lain yang lebih berhak akan tetapi pada hakikatnya, kemerdekaan tanah air adalah nikmat terbesar atas limpahan karunia Allah Yang Maha Kuasa. Kemerdekaan negara merupakan kebebasan jiwa dan raga rakyatnya yang menuju nilai-nilai kebenaran dari keadaan terbelenggu oleh aturan-aturan untuk mengikuti perintah penjajah, kebebasan akal dan pikiran rakyat oleh belenggu kebodohan dan kejahilan yang menuju kecerdasan ilmu yang lebih cerah, kebebasan akal-budi rakyatnya dari keterpurukan akhlak serta pelanggaran moral dan etika yang menuju terbentuknya nilai-nilai moral murni dan berakhlak tinggi, kebebasan rakyat dari belenggu kemiskinan menuju kehidupan yang lebih sejahtera.

SPIRITUAL KEMERDEKAAN

Di bulan Ramadhan ini sebenarnya kita mempunyai kesempatan merenungkan kembali arti kemerdekaan dengan hakekat yang sesungguhnya. Berpuasa di bulan ramadhan melatih kita atas kedisiplinan dan kejujuran jiwa yang dapat menggugah kita dalam mengisi kemerdekaan ini.

Sangat tepat jika bulan Ramadhan kita katakan sebagai jembatan untuk kembali meraih dan membangun nilai-nilai spiritual dalam diri kita semua yang berguna untuk pembangunan bangsa ini. Kita sebagai manusia yang beriman mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kebenaran kepada makhluk lainnya yang dianugerahkan dari Penciptanya. Karena itu, setiap manusia harus berani mempertahankan prinsip dan tanggungjawabnya secara individual.

Kita sebagai makhluk sempurna yang mempunyai hak dan kewajiban harus secara bersama-sama memperkokoh norma-norma sosial kemasyarakatan dalam rangka mengisi kemerdekaan yang telah digariskan oleh ALLAH SWT. Penolakan atas kenyataan demikian sama saja dengan menolak ketentuan yang telah dilimpahkan ALLAH SWT kepada kita sebagai amanat.

Mulai dari dalam pribadi kita masing-masing, kita wajib menata kehidupan yang sesungguhnya, bagian dari proses meneruskan cita-cita kemerdekaan. Jadi, bulan Ramadhan sesungguhnya bulan terbaik sebagai introspeksi atas apa yang telah kita perbuat kepada bangsa ini. Proses intospeksi diri ini melibatkan evaluasi diri kedalaman jiwa untuk diwujudkan kembali dalam keseharian sebagai akhlak dan perilaku mulia yang dimulai di linkungan kita. Tentunya evaluasi ini berdasarkan atas pengalaman atas semua peristiwa dan perilaku kita sebelumnya. Selain itu, evaluasi juga mencakup pemikiran untuk kehidupan berbangsa di masa depan yang lebih baik.

Dengan adanya kegiatan bersama-sama yang lebih intensif di bulan Ramadhan ini seperti sholat tarawih dan tadarus Al-Quran, kita dapat menggali kebersamaan ukhuwah antar sesama umat muslim dan non-muslim guna menghidupkan kembali rasa persatuan dan kesatuan serta rasa solidaritas sosial sebagai anak bangsa yang berbudaya dan berbudi luhur. Sehingga tidak ada lagi pemikiran-pemikiran yang mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompok yang menyebabkan pembangunan dalam rangka meneruskan cita-cita kemerdekaan ini menjadi terhambat.

Semoga di bulan Ramadhan 1430 hijriah ini, kita semua dapat tergugah kembali dalam memaknai arti kemerdekaan yang sesungguhnya agar bangsa kita bisa kembali dalam semangat persatuan kesatuan yang bernuansa solidaritas sosial.

In Sukses

10 Cara Alami Memperbanyak ASI

 - 

Cara alami memperbanyak ASI merupakan hal yang sangat diperhatikan bagi ibu – ibu yang menyusui. ASI yang di produksi terlalu sedikit tersebutlah yang mengganggu suasana hati serta pikiran dari si ibu bayi tersebut. karena hal inilah yang menjadikan seorang ibu menyusui untuk dapat mencari tahu bagaimana caranya memperlancar serta memperbanyak ASI ekslusif tersebut untuk para bayi yang ingin diberikan untuk si buah hati. Masalah dalam kurangnya memproduksi ASI seringa sangat banyak terjadi pada tahap – tahap awal persalinan.

Padahal disaat itu pula lah si bayi baru saja terputus asupan makananya dari sebelumnya yang dapat disuplai penuh oleh plasenta selama dalam kandungan dari ibunya tersebut. tentunya hal ini sangat mengganggu dengan si bayi sedang banyak – banyaknya membutuhkan ASI eksklusif karena hanya disaat itu pula si bayi memerlukan makanan yang paling baik disaat ia baru dilahirkan ke dunia ini.

Mengapa bayi sangat membutuhkan ASI ekslusif? Karena ASI tersebut memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin dari ibu bayi tersebut yang sangat khusus diformulasikan untuk bayi tersebut. Banyak hal yang harus diketahui oleh ibu – ibu yang menyusui tersebut, dengan penggunaan cara pemberian ASI yang benar dan tepat pun dapat memberikan ASI tersebut tidak lancar hingga menjadi tersumbat.

Oleh karena itu, bagi ibu- ibu awal yang baru menyusui, haruslah mengetahui cara memberikan ASI yang benar dan tepat untuk dapat meningkatkan produktivitas dari ASI tersebut. ada pun 10 cara yang alami untuk dapat memperbanyak ASI tersebut secara benar dan baik.

10 Cara Alami Memperbanyak ASI
Berikut ini adalah 10 cara alami memperbanyak asi yang pasti anda butuhkan, Mungkin tidak semua ibu – ibu menyusui kesusahan dalam mencari cara memperbanyak ASI, tetapi bagi Anda yang tidak mengetahui atau sangat tidak mengerti pastinya sangat butuh rekomendasi dan saran yang tepat untuk dapat memperbanyak asi tersebut secara alami dan benar berbagai upaya yang telah Anda lakukan untuk dapat meningkatkan hasil produksi dari ASI tersebut yang mungkin saja sampai tahapan terakhir tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Ada pun beberapa caranya yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini sebagai berikut:

1. Teruslah menyusui.
cara yang sangat ampuh yang pertama yaitu untuk dapat meningkatkan produksi ASI adalah untuk selalu menyusui si bayi tersebut. hal tersebut dilakukan agar ketika si bayi Anda terus berusaha untuk menyusui, maka saat itulah stimulus atau rangsangan yang diberikan pada payudara Anda akan terus meningkat. Maka secara otomatis tubuh si ibu tersebut secara alami akan memberikan sebuah respon yang baik berupa meningkatkan produktivitas ASI yang sesuai dengan stimulus yang diterima si bayi tersebut dan ibunya.

2. Skin to skin nurse.
Lakukan dan biasakanlah disaat Anda menyusui melakukan hal seperti skin to skin nurse terhadap bayi Anda tersebut, dengan kata lain sebaiknya usahakan untuk kulit Anda dan bayi Anda tersentuh secara langsung tanpa adanya sehelai kain apa pun yang dapat menghalangi kulit Anda dan bayi Anda. Ketika Anda telah pada posisi melepas pakaian atau pun bra Anda dan si bayi hanya menggunakan popok, maka pakailah selimut untuk dapat menutupi Anda berdua dengan bayi tersebut serta lakukanlah secara rutin cara yang skin to skin nurse ini sesering mungkin. Hal yang Anda lakukan ini bukan hanya dapat meningkatkan produksi dari ASI tetapi juga dapat menumbuhkan rasa ikatan emosional yang semakin dekat yang sangat luar biasa antara ibu dan bayi Anda tersebut.

3. Jangan hentikan menyusui disaat belum selesai.
Janganlah pernah sesekali coba menghentikan si bayi untuk menyusui karena hal tersebut secara tidak langsung dapat menurunkan daya produktivitas ASI di dalam tubuh Anda tersebut. berikanlah saja ASI sebanyak yang ia butuhkan tanpa Anda batasi. Tapi jangan lupa berikan ASI dengan secara bergantian antara payudara kanan dan payudara yang kiri.

4.Jangan gunakan alat bantu menyusui.
Biasakan jangan menggunakan dot, botol dan makanan selama usia si bayi 6 bulan pertamanya, ASI tersebutlah yang merupakan satu – satunya sumber makanan yang paling utama untuk si bayi tersebut. jika Anda menggunakan dot mau pun botol, si bayi pasti akan mulai terbiasa dengan alat bantu menyusui yang ia gunakan tersebut.

5. Cukuplah istirahat dan hindari stres
Bagi ibu – ibu yang baru saja melahirkan pasti sangatlah susah untuk istirahat yang cukup akibat dari si bayi yang sangat sering untuk bergadang yang terjadi karena siklus tidur si bayi belum teratur. Meskipun sulit untuk dihindari, tetapi hal ini sangatlah membantu dan cara yang paling baik untuk dapat memperbanyak ASI tersebut. Jangan lupa meminta bantuan dengan pasangan dan keluarga untuk bergantian menjaga bayi Anda di saat Anda harus beristirahat dengan tenang.

6. Pilihlah makanan yang baik.
Ibu – ibu yang menyusui sangat membutuhkan kalori mencapai 500 dalam seharinya serta jangan lupa memperhatikan makanan yang harus Anda konsumsi tersebut. daun katuk, sayur – sayuran, buah – buahan dan lain – lainnya sangatlah baik untuk dapat menambah produksi ASI tersebut.

7. Gunakan suplemen penambah ASI
Pilihlah suplemen yang sangat baik dan cocok untuk Anda serta jangan lupa perhatikan apa saja kandungan yang terdapat di dalam suplemen tersebut dan lihat efek samping yang diberikannya. Tetapi sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter atau bidan untu hal mengkonsumsi suplemen penambah ASI tersebut.

8. Memompa ASI.
Sebaiknya pompa payudara Anda sekitar 10 menit setiap masing – masing payudara tersebut. dan jika bisa, lakukan mepompa payudara tersebut pada pukul 2 sampai pukul 5 pagi yang dipercaya merupakan salah satu periode yang baik untuk memompa dengan produksi ASI pada pukul tersebut cenderung lebih tinggi.

9. Pastikan bayi menyusui secara tepat.
Jangan lupa perhatikan bagaimana cara si bayi tersebut menyusui, sudah benar atau tidak. Sebaiknya jangan sampai mulut bayi hanya meliputi ujung putingnya saja tetapi harus meliputi hingga pada pangkal payudara tersebut.

10. Keadaan yang tentram.
Jangan sampai keributan yang terjadi disaat Anda menyusui menjadi suatu hal yang dapat mengganggu proses menyusui tersebut. Buatlah suasana yang tentram dan tenang disaat Anda menyusui bayi Anda yang secara tidak langsung ia akan merasakan rileks.

Menyusui Yang Seharusnya
Hindari dengan hal – hal yang dapat mengganggu proses menyusui tersebut. seperti hal nya merokok, menggunakan pil KB, mengkonsumsi makanan yang tidak cocok. Karena hal tersebutlah yang dapat menyebabkan ASI tersebut menjadi buntu atau pun tidak lancar.

Tetapi walaupun Anda telah menghindari hal – hal tersebut, perhatikan pula apa sudah benarkan si bayi melakukan proses menyusui dengan benar ? Perhatikan secara detail disaat keadaan seperti ini, karena di keadaan seperti inilah bayi Anda sangat – sangat membutuhkan Anda. Maka dari itu perhatikan secara rinci mengenai cara alami memperbanyak ASI agar ASI Anda tersebut tidak sumbat atau sedikit.

In Curhat

Aku punya ORANGTUA YANG HEBAT!

 - 

Punya kisah paling mengesankan dengan Papamu? Biasanya anak perempuan khan lebih dekat dengan Papanya. Aku melalui banyak kisah indah dengan Papaku..Sejak kecil, Papa yang lebih sering mengajakku bermain. Mama juga tapi Mama gantian harus mengurus adik2ku yang masih bayi dan membersihkan pekerjaan rumah (qt ngga punya PRT ^^)Dari main petak umpet, main boneka, dibacakan cerita, diajari banyak menulis dan membaca dllhehe..dianter jalan2 naik motor, main bom2 car, di gendong2 dipundaknya..

Wahhh banyak sekali kenangan indah masa kecilku bersama Mama dan Papaku tercinta 🙂

Meski Papa kerja hingga malam hari dan kami sudah tidur, pernah tiba2 aku terbangun dan Papa baru pulang. Mama membukakan pintu. Pertanyaan yang pertama kali dilontarkan Papa ke Mama saat pulang adalah Bagaimana keadaan anak2? Sehat? Sudah makan? Sudah pada tidur?

Sampai tiba aku sekolah, Papa rajin datang ke sekolahku, mengambil raport, pertemuan wali murid, menanyakan perkembangan dan hasil belajarku. Aku paling senang pas juara pertama bikin Papa senang.. Hingga aku lulus sekolah, Papa tanya apa cita2ku? Papa bilang akan usahakan untuk mewujudkan, Papa ingin anak2nya lebih baik dari orangtuanya yang mana dulu harus mengalami kesulitan hidup sehingga tidak bisa langsung kuliah selepas lulus sekolah, Papa baru kuliah setelah berusia 30an tahun dengan biaya hasil kerja keras sendiri. Begitupun Mama, karena nenek dan kakek susah sehingga tidak bisa kuliah dan akhirnya menikah di usia 18 tahun. Papa bilang akan kerja keras untuk membiayai kuliahku sehingga aku bisa meraih cita2 aku padahal aku tau biaya kuliah tidak sedikit, Papa bilang jangan dipikirin, aku hanya diminta belajar dan belajar saja, biar Papa yang mikir cari uang , katanyaPapa juga paling tegas dan bijak dirumah, hampir tidak pernah menunjukkan sedih apalagi menangis didepan anaknya, tapi aku melihat mata beliau berkaca2 di beberapa kesempatan. Saat aku di wisuda dan sesudah aku di wisuda aku beri pelukan hangat dan setangkai bunga mawar merah tanda sayangku ke beliauterimakasih Pa.., ada butiran kaca di mata beliau yang sudah menuayg dulu selalu mengajakku bermainAtau sesudah akad nikahku, beliau berkaca2 melepasku, memberi nasihat untuk prjalanan hidupku selanjutnya.

Gaji pertamaku yang tidak seberapa, sangat sedikit dibanding penghasilan beliau dan yang selama ini beliau telah berikan ke aku, aku kasih, beliau terima dengan rasa haru, padahal itu tak seberapabukan jumlahnya, tapi karena itu pemberianku..dan saat aku menghadiahkan dasi untuk beliau, harga murah meriah dibanding dasi2 beliau yang lain tapi itu yang paling suka beliau pake..

Aku tak bisa memaafkan diriku sendiri jika kata2ku sampai menyakiti mereka berdua, aku pun tak bisa memaafkan diriku kalo aku sampai menyia-nyiakan mereka berdua di masa tua merekaAku pun marah kalo adikku sedang membantah perkataan orangtua..Astaghfirulloh

Semoga Alloh selalu memberkahi kedua orangtuaku, dan mengampuni dosa2nya, menyayangi mereka sebagaimana mereka menyayangi qt di waktu kecil..aamiin

In Curhat

Sukses untuk Para Peserta Ujian Nasional

 - 

Besok mungkin hari yang paling mendebarkan bagi para siswa kelas 3 SMA. Karena selama 4 hari sejak 18-21 April 2016 akan dilaksanakan ujian Nasional SMA secara serentak. Ujian Akhir ini tentu saja sangat mendebarkan karena menentukan kelulusan para siswa untuk lulus dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sistem ujian Nasional ini pertama kali dilaksanakan di angkatan saya, yakni tahun 2003. Saat itu batas minimal kelulusan adalah 3,00 dan sistem ini baru di umumkan 3 bulan sebelum ujian akhir berlangsung. Saya masih sangat ingat karena saya stress banget belajarnya. Hehehe.

Alhamdulillah, akhirnya 3 mata pelajaran pokok (saya mengambil jurusan IPA), yakni B.Indonesia, B.Inggris, dan Matematika yang dinilai Dinas Pendidikan Provinsi dan mata pelajaran lainnya yang dinilai sekolah bisa saya lalui dengan hasil memuaskan. Saya ingat, betapa deg-degannya saya menunggu Pak Pos yang akan membawa surat lulus atau tidaknya saya. Ujian Nasional telah membuat saya tidak nafsu makan, lesu, dan juga lain-lain..Hehe

Yah, buat adik-adik….Semoga sukses ya, belajarlah yang sungguh-sungguh, kerjakan soal-soal dengan tenang dan baik, jangan menyontek dan selalu berlaku jujur. Semoga semuanya mendapat kelulusan dan hasil memuaskan. Dan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai harapan dan cita-cita kalian. Raihlah cita-cita kalian setinggi langit. Terus maju, anak muda, untuk membangun negeri ini. Sukses

In Sukses

3 Cara Memperbesar Penis Alami yang Pasti Manjur

 - 

Beberapa pria memiliki permasalahan dalam berhubungan intim dikarenakan ukuran penis yang terlalu kecil. Ukuran alat vital yang ideal tak dipungkiri selain dapat meningkatkan kepercayaan diri di ranjang, juga dapat membuat rumah tangga semakin harmonis. Pria yang mengalami masalah dengan ukuran penis biasanya akan mencari dan melakukan berbagai cara untuk mengubah ukuran penisnya menjadi seperti yang diinginkan.

Namun, terkadang cara yang dilakukan justru mendatangkan lebih banyak efek negatif ketimbang manfaat apabila tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, jika Anda termasuk pria yang ingin mengubah ukuran penis Anda menjadi seperti yang diinginkan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui dampak dari masing-masing metode.

Metode memperbesar penis yang diklaim paling aman adalah dengan menggunakan cara dan bahan alami, tanpa operasi, dan obat-obatan kimia. Berikut ini beberapa cara memperbesar penis alami yang kami rangkum untuk Anda.

1. Mengoleskan ramuan tradisional
Banyak pria yang membuktikan bahwa beberapa ramuan atau minyak tradisional yang dibuat dengan menggunakan 100% bahan alami cukup efektif untuk memperbesar ukuran alat vital mereka. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk olesan:

a. Lintah Hitam
Anda tidak perlu repot menangkap lintah dan meraciknya sendiri untuk dijadikan minyak oles, karena kini minyak lintah hitam telah dipasarkan dan dapat dengan mudah Anda temukan di apotek.

Kandungan hirudin (zat yang biasanya digunakan oleh lintah untuk mencairkan darah korban yang digigitnya agar bisa dengan mudah dihisap) yang terkandung dalam lintah ternyata ampuh untuk membantu memperbesar ukuran alat vital Anda.

Anda cukup mengoleskannya ke batang penis Anda dengan cara diurut secara perlahan lahan dari arah pangkal hingga ke ujung. Teknik pemijatan menggunakan minyak lintah ini ternyata terbukti dapat menambah besar dan panjang alat vital penggunanya.

b. Bawang Merah dan Bawang Putih
Tidak hanya menambah kelezatan masakan, ternyata bawang merah dan bawang putih juga memiliki beragam manfaat lain, termasuk memperbesar ukuran penis. Untuk membuat olesan, Anda hanya perlu menghaluskan beberapa siung bawang putih dan memeras sari-sarinya. Kemudian oleskan secara merata pada alat vital Anda sambil diurut perlahan.

c. Daun Jarak Pagar
Daun jarak pagar ternyata adalah bahan alami yang paling dicari oleh kaum Adam yang ingin memperbesar ukuran penis mereka. Tanaman ini sangat mudah untuk ditemukan dan mudah pula untuk diracik menjadi obat.

Pertama, setelah dicuci bersih, daun jarak pagar dihaluskan beserta gagangnya. Biasanya daun jarak pagar ini dicampur dengan daun jeruk purut untuk meningkatkan manfaatnya. Setelah benar-benar halus, masukkan sedikit air dan perasan jeruk purut dan diaduk hingga rata. Setelah ramuan jadi, jangan langsung dioleskan ke alat vital Anda.

Terlebih dahulu urut alat vital Anda dengan tangan secara perlahan selama kurang lebih dua menit. Anda juga bisa menggunakan handuk yang hangat untuk membalut alat vital Anda, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Setelah itu, baru oleskan ramuan daun jarak pagar tadi secara merata dari pangkal hingga ujung penis. Namun, dalam menggunakan ramuan ini, Anda harus berhati-hati dan memastikan ramuan tidak mengenai atau bahkan masuk ke lubang penis Anda.

d. Jahe dan Madu
Apabila Anda ingin membuat ramuan ini, Anda harus memastikan bahwa jahe yang Anda gunakan adalah jahe jawa dan juga madu yang asli tanpa campuran bahan apapun. Anda bisa mendapatkan madu murni semacam ini langsung dari peternak lebah, sebelum dicampur dengan bahan lain.
Jahe yang sudah dibersihkan kemudian diparut hingga halus.

Lebih baik jangan menggunakan blender. Setelah itu, campurkan jahe parut tersebut dengan madu asli dan aduk sampai tercampur rata. Sebelum mengoleskan ramuan ini, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari penis Anda cedera. Anda bisa membalutkan handuk hangat atau memijat secara perlahan dengan tangan. Kemudian, oleskan ramuan yang sudah Anda buat tadi ke bagian batang penis.

Memijat penis dengan ramuan ini dipercaya dapat membuat ukurannya bertambah besar, karena sensasi hangat dari jahe dapat melancarkan peredaran darah dalam penis. Sedangkan madu di sini fungsinya adalah sebagai penyeimbang yang mendinginkan, sehingga efek yang ditimbulkan jahe tidak terlalu panas. Selain itu, madu juga dapat melicinkan permukaan penis sehingga menghindarkannya dari lecet dan cedera selama pemijatan.

2. Mengkonsumsi ramuan tradisional
Selain menggunakan ramuan untuk memperbesar penis dari luar, Anda juga perlu meminum ramuan tradisional yag bekerja dari dalam. Beberapa contoh ramuan tradisional yang dapat dengan mudah Anda buat sendiri adalah:

a. Bawang putih
Bawang putih memiliki berbagai manfaat yang dapat membuat Anda semakin percaya diri di ranjang, antara lain meningkatkan gairah seks, dan meningkatkan vitalitas. Untuk membuat jamu, Anda perlu mencampurkan lima siung bawang putih yang telah dihaluskan dengan satu sendok makan madu dansebutir telur ayam kampung, yang diambil kuning telurnya saja.

b. Merica
Resep untik membuat ramuannya adalah 30 butir lada putih atau merica, dua tangkai petai cina yang sudah dikeringkanpetai cina, satu sendok makan madu, dan dua butir telur ayam kampung, ambil kuningnya saja.

c. Kunyit
Pertama, Anda harus memarut kunyit dan memerasnya untuk mendapatkan satu sendok makan sari kunyit. Kemudian, campurkan air perasan kunyit tersebut dengan setengah sendok makan air jeruk nipis, satu sendok makan madu, dan satu butir kuning telur ayam kampung.

d. Jahe
Sebagai campuran jahe, anda perlu menyiapkan lempuyangwangi dan temulawak masing-masing 10 gram, dan juga satu sendok makan madu. Haluskan semua bahan tersebut kemudian tuangkan air mendidih, aduk hinggga rata. Jamu siap diminum, dan rasakan manfaatnya.

3. Memijat dengan cara khusus
Cara memperbesar penis alami yang ketiga adalah memijat. Pijatan tertentu memang dipercaya dapat memperbesar ukuran penis Anda. Beberapa teknik pijatan yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah:
a. Anvil Stroke, yaitu menggenggam dengan lembut penis Anda sambil digerakkan ke bagian ujung lalu lepaskan.
b. Doorknob, yaitu memutarkan baguan ujung penis dengan perlahan dan hati-hati searah jarum jam beberapa kali, kemudian putarkan berlawanan arah.
c. Double Whammy, yaitu memompa penis ke atas dan ke bawah dengan menggunakan tangan yang terlebih dahulu telah diolesi lubrikan.

Itulah tadi contoh gerakan memijat yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun Anda harus melakukannya dengan perlahan dan hati-hati, karena apabila Anda salah melakukannya atau terlampau keras dalam memijat, bukannya manfaat yang akan Anda dapatkan namun malah akan membuat penis Anda cedera. Semoga info tentang 3 cara memperbesar penis alami yang kami berikan bermanfaat. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.

In Curhat